Waspada

Tidak seperti biasanya mata mang Aceng bergerak liar, menatap curiga pada setiap orang yang lewat. Malam itu kami memang sedang nongkrong di cafe Persib di daerah jalan Sulandjana. Mang Aceng yang malam itu mengenakan jaket kulit warna hitam dipadu dengan celana jeans warna senada jadi terlihat seperti intel yang sedang mengamati penjahat. Sempat terlintas di pikiranku bahwa mang Aceng adalah seorang agen rahasia, tapi segera kutepis jauh-jauh pikiranku itu, karena melihat tongkrongan mang Aceng yang jauh dari sosok James Bond.
“Kunaon mang? Meni asa rareuwas kitu ningalina.” Tanyaku.
“Kunaon kitu?” Mang Aceng balik bertanya.
“Enya eta mamang ningali jalmi penuh curiga kitu.” Jawabku sambil makan kentang goreng pesananku.
“Sst... ayeuna teh keur marak deui kejahatan, aya pencabulan ka budak SD, aya oge nu adi lanceuk jeung pembantuna di bunuh..., nu suami istri di bunuh ge aya.” Kata mang Aceng setengah berbisik. Tangan kanannya membetulkan earphone yang menempel di telinga kanannya, membuat mang Aceng terlihat seperti agen rahasia di film-film Holywood.
“Nu di Batu Nunggal?” Tanyaku setengah berbisik pula.
“Gening apal?” Mang Aceng balik bertanya dengan berbisik juga.
“Maca di koran.” Kataku pelan, bahkan sangat pelan.
“Hahh...?” Mang Aceng sedikit berteriak.
“Kunaon ari mamang haharewosan?” Tanya mang Aceng.
“Mamang nu ngamimitian.” Kataku.
“Sayah mah keur waspada..., bisi weh penjahatna aya didieu.” Kata mang Aceng, suaranya kembali berbisik.
“Ah si mamang mah.” Aku menggeleng-gelengkan kepala, aneh dengan tingkah mang Aceng.
Mang Aceng meminum capucino pesanannya, matanya tetap liar memperhatikan orang yang lalu lalang di cafe itu. Sesekali tangannya membetulkan letak earphonenya, Tingkahnya mirip sekali dengan agen rahasia, apalagi dengan earphone di telinganya, mengingatkanku pada Kevin Costner dalam film The Bodyguard.
“Ari eta earphone atau alat penyadap?” Tanyaku.
Mang Aceng tidak menjawab, jari telunjuknya di tempelkan pada bibirnya, sepertinya menyuruhku untuk diam. Matanya menatap tajam ke arah pria berkacamata yang duduk di sudut cafe.
Aku ikut melihat ke arah pria berkacamata, pria itu melambaikan tangannya kepadaku. Aku membalas lambaiannya.
“Naha apal?” Tanya mang Aceng penuh curiga.
“Eta mah Heru Joko..., ketua Viking.” Kataku mulai kesal dengan tingkah mang Aceng.
“Ohh..., paingan asa pernah ningali, sugan teh penjahat.” Gumam mang Aceng.
“Euh ieu mah..., cing dieukeun earphone teh, jadi panasaran.” Kataku.
Mang Aceng memberikan earphonenya kepadaku. Ku ambil earphone dari tangan mang Aceng, lalu dipasangkan di telinga kananku. Terdengar lagu dangdut mendayu-dayu dari earphone...
“Lagu saha ieu teh mang?” Tanyaku.
“Caca Handika.” Jawab mang Aceng singkat sambil menghisap rokoknya dalam-dalam.
Kukembalikan earphone pada mang Aceng.
“Jadi titadi teh ngadangukeun dangdut?” Tanyaku lagi.
Mang Aceng tidak menjawab, kepalanya manggut-manggut seperti mengikuti irama lagu dangdut dari earphone yang kembali di pasang di telinga kanannya, matanya terpejam, di ketut-ketukkan kaki kanannya ke lantai. Terlihat mang Aceng sangat menikmati lagu dari earphonenya.
“Mang...” Kataku sambil menepuk lutut mang Aceng.
“Ieu teh di cafe..., ari mamang anteng sorangan bari ngadangukeun dangdut. Cenah waspada.” Kataku lagi, sesaat setelah mang Aceng melepaskan earphone dari telinganya.
“Kalem mang..., nikmati weh. Ari waspada mah kudu tapi tong berlebihan. Mun di daerah urang aya nu mencurigakan, urang ulah cicing. Masyarakat kudu aktif ngajaga lingkungan, saleuwihna serahkeun ka pulisi.” Kata mang Aceng panjang lebar.
“Haarr... pan titadi ge mamang nu lebay, jiga agen rahasia.” Kataku sambil bangkit dari kursi. Lalu pergi menuju kursi teman-temanku sesama suporter Persib.
Kulihat dari jauh mang Aceng menggoyang-goyangkan badannya sambil tetap duduk di kursinya, sesekali tangannya memebetulkan letak earphone di telinganya. (Heureuy Bandung / mangnawi)




0 comments:

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Berita Lainnya :

 
Copyright 2013 - Nandira Semesta Bandung
Designed by Republik Design