Saat Mainan Anak Ber-SNI, Untung atau Buntung?

BANDUNG CYBER CITY
Tanggal 30 April, peraturan untuk mainan anak-anak yang harus berstandar nasional diterapkan. Namun, pemerintah baru sekali melakukan sosialisi hal ini sekali saja. beberapa pedagang mainan memang sudah aware dengan hal ini, hingga memprediksi harga mainan mereka pun akan melonjak, menyesuaikan dengan aturan yang telah ditetapkan tersebut. Tak hanya pedagang yang aware, para pembuat mainan anak-anak baik lokal maupun luar negeri sudah mengetahui hal ini. Mereka pun menyuarakan hal yang sama tentang harga mainan anak jika sudah bergelar SNI.

Meskipun para pengusaha yang mengimpor mainan anak di Indonesia merasa tidak masalah dengan kebijakan ini, tak dapat dipungkiri selalu ada pro kontra dan positif negatif dari sebuah peristiwa. Mengingat, harga yang tinggi akan dibebankan pada satu mainan anak. Apakah ini akan mendatangkan keuntungan?

Berkaca dari kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya seperti harga cabe yang melambung. Orang cenderung membeli sesuatu secara lebih irit. Kenaikan harga tidak akan menjadi masalah bagi calon pembeli yang mempunyai uang lebih. Namun, para pembeli yang berada di kelas menengah ke bawah tentu akan berpikir seribu kali untuk membeli mainan untuk anak mereka. Toh, makanan ringan yang disukai anak bisa menggantikannya saat anak menangis. Analogi ini memang belum tentu berlaku pada kasus mainan anak ini. Namun jika analogi ini terjadi, bisa segera diketahui dampaknya di mana.

Dampaknya jelas kerugian bagi para penjual, pemasok, dan pencipta karya hebat ini. Dengan jumlah pembeli yang berkurang, maka bisa diprediksi omset mereka juga akan turun. Tentunya, sedikit banyak akan berimbas pada usaha yang telah mereka rintis lama tersebut.

Di sisi lain, kehadiran SNI membawa untung yang besar bagi pemasok, calon pembeli, dan pasar. Karena bagaimana pun, tingkat keamanan pemakaian mainan anak-anak ini akan lebih meningkat. Hal ini juga bisa memicu kepercayaan pasar untuk membeli mainan anak. Kekhawatiran yang tidak penting bisa jadi hilang dengan adanya SNI. Memang masih belum bisa dibuktikan kebenarannya, apakah akan bunting ataukah untung, karena kondisi ini memang masih belum pernah dicoba. Dan akan ketahuan hasilnya jika sudah dicoba. Maka, tunggulah 2 hingga 3 bulan lagi. (BCC News)

0 comments:

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Berita Lainnya :

 
Copyright 2013 - Nandira Semesta Bandung
Designed by Republik Design